Friday, January 4, 2013

[WIP] Zaku 1.0 Part 6: Hand-painting

Setelah modifikasi kecil-kecilan, saatnya proses yang paling panjang, yaitu hand-painting untuk mengubah color scheme Zaku yang asalnya pink menjadi merah. Untuk cat yang bisa digunakan untuk mewarnai plamo ada tiga jenis berdasarkan bahan/pengencernya, laquer based, enamel based, acrylic (water based). Perbedaan antara tiga jenis cat ini selain dari pengencernya (atau biasa disebut thinner), juga dari faktor kekuatannya (laquer > acrylic > enamel).
Untuk mengaplikasikan cat ke plamo juga caranya bermacam-macam, bisa hand-paint pake kuas, pake spray can langsung pakai, atau pake airbrush+compressor. Saya pilih opsi hand-paint dengan acrylic paint karena paling murah, dan paling tidak beracun dari ketiga jenis cat yang saya sebutkan sebelumnya. Untuk laquer dan enamel, uap thinnernya juga sudah mengandung bahan berbahaya. Sebelum punya fasilitas yang lengkap, saya lebih nyaman dengan yang tidak beracun :)
Kekurangan cat acrylic water based ini adalah butuh waktu yang paling lama untuk 'kering' atau pigmennya menempel pada plastik, selain itu lapisannya cukup mudah terkelupas jadi membutuhkan top coat tambahan (sebaiknya glossy agar bisa ditambahkan panel line). Karena prosesnya lama, bagian painting mungkin akan diteruskan di part-part berikutnya:
Sementara ini saya masih puas dengan warna merah yang dihasilkan, tapi untuk menyelesaikannya masih butuh top coat dan proses panel lining dengan cat enamel.

Link WIP sebelumnya: part 1, part 2, part 3, part 4, dan part 5.

No comments:

Post a Comment