Tuesday, January 8, 2013

Does your game worth losing?

Beberapa hari yang lalu saya sempat melihat status seorang teman game developer, dia baru membaca interview dengan pembuat Dominion, kurang lebih statusnya seperti ini:
How to make a game become fun to losing player?1. Player lost, but they somehow think they actually win.2. Player lost, but get the feeling that they almost win.
Dia menyimpulkan itu mungkin dari potongan interview ini:
“Do you consider yourself as having a ‘game design philosophy’?”Well in general I aim for short games, with low downtime, minimized politics, variety, and interacting rules on cards.An example of an overall philosophy would be, it has to be fun to lose.
Menurut sudut pandang saya, kalau saat kita kalah kita merasa senang menunjukkan kalau game yang kita mainkan memang bagus. Tapi bukan berarti kita harus 'menipu' pemain yang kalah dengan membuat dia merasa hampir menang atau merasa menang. Kenapa saya pake kata 'menipu'? Karena praktek seperti itu setahu saya digunakan di permainan ketangkasan di kasino-kasino, untuk membuat orang yang bermain merasa hampir menang dan memilih untuk terus menghabiskan uang di mesin yang bersangkutan.


Menurut saya kunci untuk membuat pemain merasa senang walau kalah adalah membuat pengalaman bermain menjadi sesuatu yang menyenangkan untuk pemain. Err, semua game juga gitu kali... Yang penting di sini adalah eksekusinya. Contohnya Megic the Gathering, saking banyaknya kartu yang ada, dan dengan adanya berbagai format permainan, MtG mengakomodasi keinginan berbagai jenis pemain. Kalau saya pribadi senang proses membuat deck, terutama menggunakan kartu-kartu aneh atau yang jarang dipakai orang. Lalu saat main, sebenarnya tidak masalah kalau saya kalah, asal bisa mengejutkan lawan dengan deck yang unik atau combo yang heboh. :) *Di MtG bahkan sudah ada 'klasifikasi' untuk berbagai permain seperti ini, kapan-kapan saya bahas deh*
Contoh lain misalnya di game Catan, untuk menang kita perlu mengumpulkan victory points, tapi ada dua achievement (yang menambah victory points kita) yang cukup menantang untuk didapatkan, yaitu longest road dan largest army. Di beberapa sesi permainan bahkan saya tidak mengincar menang tapi justru mengincar dua achievement itu. :)
"Don't make games that makes people think they win when they are losing, make games that makes people think the time and money spend playing was worth it." - me 
Bagaimana dengan game yang kamu buat? Is it worth losing for? :)

No comments:

Post a Comment