Monday, April 29, 2013

[Game Design] Improving Frogger

Frogger adalah game tentang seekor katak yang ingin menyebrang jalan. Gameplaynya cukup sederhana, si katak bisa bergerak empat arah (kanan, kiri, atas, bawah) lalu ada jalan beberapa jalur yang perlu dilewati si katak untuk menyelesaikan level. Rintangan dalam game cukup sederhana, yaitu berbagai mobil dengan berbagai bentuk dan kecepatan, dan di level-level berikutnya rintangan bertambah bukan hanya jalan dan mobil tapi juga sungai dan bongkahan kayu. Gameplay akan berubah saat di sungai, karena kita bukannya menghindari objek-objek (yang rata-rata berbentuk kotak) yang bergerak tapi justru mengatur waktu untuk lompat ke atasnya, dan jika kita gagal dan mendarat di air, kita harus mengulang level yang bersangkutan.

Frogger

Oke, kita berhenti dulu sejenak, katak jatuh ke air dan game over? Sebenarnya bagian ini kurang masuk akal karena seekor katak akan dengan mudah berenang sampai tepian sungai satunya. Improvement? Mungkin kita buat karakter kataknya menggunakan tuxedo dan bermaksud menghadiri pesta mewah di kota. :)

Frog in a tuxedo

Selain versi klasik di console jadul, Frogger juga muncul di console terbaru seperti 3DS, berjudul Frogger 3D. Pada game ini gameplay Frogger sudah dikembangkan menjadi lebih banyak variasi. Pada video trailernya kita bisa melihat kalau ada bagian permainan di mana si katak sedang berada di atas mobil box dan harus menghindari papan petunjuk arah di jalan raya.

Pengembangan gameplay Frogger ini juga bisa ditemukan di dalam game Mass Effect, yaitu saat akan melakukan hacking. Dapat dilihat pada screenshot gamenya, konsep gameplay Frogger dimana pemain harus 'menyeberangi lalu lintas' untuk mencapai tujuan. 'Jalan' pada minigame ini dibuat melingkar, ini lebih menguntungkan untuk pemain karena pemain dapat melakukan timing dan dapat menebak kapan jalur kosong akan terbentuk. Kelebihan lainnya adalah pemain tidak akan merasa dicurangi algoritma random karena dia dapat melihat semua pergerakan rintangannya, berbeda jika rintangan muncul dari luar layar seperti pada game Frogger yang asli, pemain hanya bisa menebak kira-kira akan muncul rintangan dari mana. Satu kelebihan lain dengan gameplay dengan rintangan melingkar seperti ini adalah pemain lebih condong berstrategi dengan mempertimbangkan gerakan dan kecepatan rintangan daripada bergantung pada reaksi/refleks saat ada rintangan yang bergerak.  

modern frogger

Adakah game lain yang menggunakan konsep Frogger yang kamu tahu? Tulis di komentar ya!

2 comments:

  1. Banyak banget mas, ada pas challenge nya GDI di http://forum.gamedevid.org/index.php?board=181.0 :D

    ReplyDelete
  2. Oh iya benar, lupa saya mention :) Thanks ya!

    ReplyDelete