Tuesday, April 9, 2013

[Game Design] Improving Pipe Dreams

Pipe Dreams adalah game klasik dimana kita harus menghubungkan sumber air dan drainase dengan cara membuat jalur pipa yang menghubungkan kedua tersebut.

Classic Pipe Dreams

Kita akan mendapat point yang lebih besar semakin panjang jalur pipa yang bisa kita buat. Untuk membuat jalur, kita hanya bisa memilih dari beberapa potongan pipa acak yang tersedia. Pada game versi klasik, air akan mengalir secara real time di saat yang bersamaan dengan kita menyusun jalur pipa.

Tingkat kesulitan pada game ini diatur dengan cara mengatur peluang kemunculan beberapa jenis potongan. Pada tingkat kesulitan yang mudah, potongan pipa berbentuk plus (+) akan lebih sering muncul dibandingkan pada tingkat kesulitan yang lebih sulit. Satu komponen lain untuk mengatur kesulitan adalah waktu yang tersedia untuk pemain dalam membuat jalur pipa, dalam hal ini adalah kecepatan air mengalir. Pengaturan tingkat kesulitan yang serupa juga dilakukan pada game tetris, yaitu dengan mengatur peluang munculnya balok lurus (|) dan mengatur kecepatan balok-balok bergerak ke bawah.

Pengembangan untuk gameplay Pipe Dreams ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, dan beberapa sudah diimplementasi pada game lain.

Rocket Mania

Pada game Rocket Mania, kita juga membuat sebuah jalur dari titik awal ke titik akhir, namun dalam game ini kita membuat jalur untuk api, dan titik awal dan akhirnya lebih dari satu. Perbedaan utama dari game Pipe Dreams adalah untuk membuat jalur, kita tidak meletakkan potongan baru, tapi memutar potongan yang sudah ada di area permainan. Lalu saat sebuah jalur sudah dinyalakan, jalur tersebut akan menjadi kosong dan akan terisi oleh potongan yang ada di atasnya. Lalu akan muncul beberapa potongan acak lain dari atas area permainan untuk mengisi sisa tempat kosong di area permainan.

Tambahan berikutnya pada Rocket Mania adalah adanya combo jika saat potongan turun tercipta jalur baru dan jalur tersebut langsung menyala. Aspek ini bahkan dapat membuat pemain yang sudah mahir dapat memasukkan komponen combo ini menjadi bagian dari strategi permainan, dengan sengaja membuat lebih dari satu jalur yang dapat menyala dalam suatu combo untuk mendapatkan poin lebih besar lagi.

Pengaturan tingkat kesulitan pada gameplay ini kurang lebih sama dengan pada gameplay klasiknya, namun satu hal yang perlu diingat adalah perlunya sebuah algoritma untuk mendeteksi apakah sebuah konfigurasi potongan-potongan pada area permainan dapat membuat sebuah jalur atau tidak. Jika tidak mungkin terbentuk sebuah jalur, kita harus memberi pemain satu set potongan-potongan yang baru dan acak (dan dipastikan bisa tercipta jalur).

Pengembangan terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan membuat pemain bukan memutar potongan pipa, tapi menukarnya dengan potongan pipa di sampingnya (atas, bawah, kiri, atau kanan). Untuk game seperti ini saya belum menemukan contohnya, tapi lebih terinspirasi pada tipikal game match three seperti Bejeweled.

Oke, pengembangan yang bisa saya lakukan hanya sejauh ini. Apakah kamu masih punya ide bagaimana mengembangkan game play Pipe Dreams ini? Game design manakah yang menurut kamu paling menarik untuk dimainkan? Silahkan tulis di komentar :D

No comments:

Post a Comment