Thursday, February 14, 2013

Pixar Pitch and #1GAM

Once upon a time __________. Every day, __________. One day __________. Because of that __________. Because of that __________. Until finally __________.

Ini adalah "Pixar Pitch", salah satu panduan untuk membuat elevator pitch, teknik menjelaskan sebuah konsep atau ide dalam waktu singkat (sekitar 30 detik sampai 2 menit). Konon katanya di Pixar, teknik ini digunakan untuk menjelaskan ide untuk film, kalau kita tidak bisa menjelaskan ide kita dalam waktu singkat, bagaimana kita berharap customer kita bisa menangkap tentang produk kita?


Walaupun panduan di atas condong ke arah ide film ala Pixar, konsep yang sama sepertinya bisa juga kita terapkan dalam membuat game design :) Dengan sedikit penyesuaian tentunya.

Kenapa game design?

Di akhir Januari lalu saya tertarik mencoba mengikuti #1GAM, atau One Game a Month. Sebuah gerakan untuk membuat game tiap bulan dalam rangka meningkatkan kemampuan kita sebagai game developer, baik secara teknis atau dalam kemampuan game design.

Walau seharusnya saya menghasilkan satu game tiap bulan, di tengah Februari ini saya belum membuat satu game pun, dan baru sebatas membuat sebuah game design yang nampaknya akan menarik untuk dibuat. Karena melihat Pixar Pitch di atas, saya pikir setidaknya saya bisa berlatih membuat game design pitch, dan semoga ada ide yang cukup menarik untuk dijadikan game :D

Let's try:
Plumber's Flowers
Once upon a time there is a plumber who loves flowers. Every day, he always takes care of his flowers. One day the city water supply system broke down, and the water pipe goes crazy. Because of that, all his plants aren't getting enough water and soon will be dead. Because of that, he must switch the underground water pipes around to give water supply for his plants. Until finally all his plants are healthy again and blooming all day long.
Semoga ini bisa saya lakukan tiap muncul ide game yang menarik :)